Keindahan Waduk Manggar, Balikpapan, Kaltim

Pesona Indonesia - Waduk Manggar adalah waduk yang dibangun untuk membendung Sungai Manggar Besar yang memiliki luas Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 50.000 km2 dengan curah hujan tahunan 1.730-2539 mm.
Waduk yang terletak di Desa Sungai Mangga Besar yang terletak dalam Satuan Wilayah Sungai (SWS) Mahakam, Propinsi Kalimantan Timur.

Untuk menuju waduk ini, anda dapat menggunakan jalan aspal yang berjarak 12 KM dari Balikpapan. Untuk saat ini waduk manggar dikelola oleh PDAM Kodya Balikpapan untuk mencukupi kebutuhan air bersih warga Balikpapan dan sekitarnya.

Waduk/Bendungan Manggar adalah bendungan urugan homogen yang dibangun tahun 1980 awalnya hanya berupa embung yang digunakan untuk menampung air hujan yang semula 400 l/detik dengan daya tampung hanya 3,2 juta m3 ditingkatkan menjaadi 16,5 juta m3 pada tahun 2004.

Selain sebagai sumber air bersih, Waduk Manggar juga merupakan habitat berbagai spesies. Berbagai burung seperti Pecuk Ular (Anhinga melanogaster), Blue-throated Bee-eater (Merops Viridis), Blue-tailed Bee-eatre (Merops phillipinus), Brahminy Kite/Red Backed Sea-eagle (Haliastur indus), dan berbagai burung-burung kecil seperti sunbird.

Selain itu, sejak awal tahun 2015 faasilitas di sekitar waduk manggar telah dilengkapi dengan Camping Ground dan lokasi out bound yang diharapkan bisa menarik wisatawan lokal maupun asing.

Tak kalah menarik adalah permainan paintball. Dengan lokasi yang cukup luas dan kontur penuh tempat persembunyian, bermain tembak-tembakan ala game counter strike bisa menghlangkan stress. Permainan ini bisa dinikmati dengan biaya 250 ribu perorang yang sudah lengkap mendapatkan baju pelindung, dan perlengkapan paintball.

0 Response to "Keindahan Waduk Manggar, Balikpapan, Kaltim"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel