MONUMEN PALAGAN AMBARAWA

Pesona Indonesia- Monumen yang terletak dipinggir jalan Semarang – Yogyakarta , merupakan monumen sejarah bangsa yang dilengkapi dengan museum yang memiliki koleksi persenjataan kuno peninggalan Penjajah.

Monumen ini dibangun untuk mengenangsejarah pertempuran antara para pejuang dalam mempertahankan kemerdekaan yang dikenal dengan Palagan Ambarawa. Pertempuran tersebut terjadi pada tanggal 12-15 Desember 1945 di Kota Ambarawa antara pasukan sekutu yang melarikan diri dari magelang melawan pasukan TKR yang dipimpin oleh Kolonel Soedirman.

Monomen Palagan Ambarawa dibangun pada tahun 1973 dan diresmikan pada 15 Desember 1974 oleh Presiden Soeharto.  Pada dinding monumen terukir relief yang menceritakan gambaran singkat tentang kisah heroiknya pertempuran yang terjadi di Ambarawa.

Di monumen yang tidak jauh dari Rawa Pening ini, Anda dapat menemukan beberapa peninggalan daripemerintahan Jepang dan Belanda. Di situ anda dapat melihat seragam para tentara Jepang dan Belanda, senjata perang, seragam tentara Indonesia, dan barang bersejarah lain. Untuk ukuran yang agak besar, Anda dapat menemukan beberapa tank kuno, kendaraa angkut personil dan meriam yang digunakan dalam pertempuran tersebut.

Yang paling menarik adalah Anda dapat menemukan pesawat Mustang Belanda yang berhasil ditembak jatuh ke dalam Rawa Pening

Untuk informasi lebih lanjut anda dapat menghubungi:
DINAS PEMUDA, OLAHRAGA, KEBUDAYAAN, DAN PARIWISATA KAB. SEMARANG
Jl. Ahmad Yani No.53A Ungaran 50511
Tlp. +62 24 6921424
Fax. +62 24 6921424

0 Response to "MONUMEN PALAGAN AMBARAWA "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel