Bendungan Ponreponre, Sulawesi Selatan

Pesona Indonesia - Bendungan Ponreponre adalah bendungan irigasi berketahanan besar dengan jenis kontruksi Concrete Face Rock Fill (CFRFD) yang terletak di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Bendungan yang dibangun sejak tahun 2006 ini lokasinya pertama kali ditemukan oleh Ir. Soeprapto BS, M. Sc yang menjabat sebagai staf survey proyek pengembangan pemanfaatan sumber air (P3SA) Sulawesi Selatan pada tahun 1984.Pembangunan bendungan yang menghabiskan dana Rp. 203 miliar ini berkapasitas 48 juta kubik dan mampu mengairi 4.411 hektar sawah.

Bendungan yang diresmikan oleh Presiden SBY pada 12 Maret 2009 ini adalah bendungan untuk irigasi terbesar kedua di Indonesia setelah Bendungan Cirata yang ada di Jawa Barat.

Selain untuk irigasi, bendungan Ponre-ponre juga menjadi salah satu alternatif berlibur bagi masyarakat. Bendungan yang terletak di sebelah Timur Kota Palattae yang berjarak kurang lebih 40 menit perjalanan dengan mobil.

Sepanjang jalan menuju bendungan tersebut, anda akan disuguhi keindahan pemandangan alam berupa gunung, bukit dan lembah yang subur. Tidak jauh dari waduk terdapat jaga jembatan yang dapat terlihat dari bendungan. Disepanjang perjalanan kejembatan tersebut, ada beberapa rumah warga yang sangat strategis karna mengarah ke waduk sehingga banyak warga yang sengaja membangun rumah sederhana yang dapat disewakan sebagai tempat untuk beristirahat, seperti Vila atau Wisma.

0 Response to "Bendungan Ponreponre, Sulawesi Selatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel