Waduk Batutegi, Tanggamus, Lampung

Pesona Nusantara - Waduk Batutegi adalah sebuah bendungan yang terletak kurang lebih 85 KM dari Kota Bandar Lampung. Tepatnya di Pekon, Batutegi, Kecamatan Air Naningan, Kabupaten Tanggamus, Lampung. Waduk yang diresmikan pada 8 Maret 2004 tersebut konon kabarnya adalah waduk terbesar di Asia Teggara. Memiliki Volume normal lebih dari 687.767 juta m3 dengan luas 16km2 dan akan meningkat menjadi 859.827 juta m3 saat banjir.
Selain difungsikan untuk pengairan, Waduk Watutegi juga berfungsi sebagai penyedia pasokan lstrik untuk PLN sebanyak 125,2 Giga watt pertahun.

Menuju ke bendungan Batutegi dari Bandar Lampung cukup mudah, cukup menempuh perjalanan kurang lebih sekitar 2 jam. Untuk menuju kesini lebih baik menggunakan kendaraan pribadi, aksesnya agak sulit jika menggunakan angkutan umum. Dari Bandar Lampung ambil jalan menuju Talang Padang Kabupaten Tanggamus melewati pertigaan terminal Kemiling, setelah melewati pertigaan Terminal tersebut kita tinggal mengikuti jalan besar itu saja atau mengikuti petunjuk jalan ke arah Kota Agung. Dalam perjalanan kita akan melewati Kabupaten Pesawaran, Gapura Bambu Kuning Kabupaten Pringsewu, kota Pringsewu lalu akan sampai sekitar 30 menit melewati kota Pringsewu aka nada petunjuk jalan menuju Bendungan Batutegi, ikuti petunjuk-petunjuk yang ada nanti akan membawa kita sampai ke Bendungan Batutegi.

Proyek Bendungan yang dimulai pada Tahun 1998 tersebut dikabarkan menewaskan 13 pekerja yang kesemuanya meninggal saat pengerjaan terowongan pembuangan air sehingga dibuatkan monumen untuk mengenang pengorbanan mereka.

0 Response to "Waduk Batutegi, Tanggamus, Lampung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel