Pemandian Air Panas Ciater, Jawa Barat

Pesona Nusantara - Indonesia Laksana surga yang diciptakan oleh Tuhan di Dunia. Apapun yang kita butuhkan sudah disediakan oleh alam. Termasuk air hangat yang tersedia di alam tanpa kita harus repot-repot menghangatkanya. Salah satu sumber air hangat yang ada di negeri ini adalah sumber air hangat Ciater. Sama dengan sumber-sumber air panas yang lain, sumber air hangat yang ada di Ciater memiliki manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan manusia.  Tidak sekadar dapat merelaksasikan tubuh yang sekian lama diforsir mengerjakan berbagai rutinitas dengan air panas,  namun kandungan belerang yang terkan-  dung di dalamnya juga bagus untuk menyembuh-  kan berbagai penyakit,  antara lain yang berhu bungan dengan kulit dan tulang,  jika dilakukan secara teratur.

Analisis inilah yang membuat objek wisata Ciater dipilih oleh turis Domestik maupun mancanegara. sebagai pilihan untuk berlibur. Sebuah penelitian balneologi mengungkapka bahwa sumber air panas Ciater selain mengandung belerang juga mengandung mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain  mengandung kalsium,  magnesium,  klorida,  sulfat,  thermo,  maupun hyperthermia dengan kadar aluminium tinggi(38,5 equiv persen)  dan tingkat keasaman mencapai PH 2,45.

Ciater terletak di Jalan Raya Subang dan sangat mudah diakses dengan menggunakan angkot maupun kendaraan pribadi.  Jika Anda datang dari arah Jakarta lewat puncak menuju Subang,  jaraknya adalah sekitar 200 KM dan waktu tempuh 5 jam.  Jika Anda datang dari arah Purwakarta,  Anda hanya perlu menempuh jarak 185 KM.  Perjalanan Anda meskipun lama,  tentu dijamin tidak akan membuat Anda bosan.  Subang dkenal memiliki udara yang sejuk.  Ada pula perkebunan teh yang menghampar luas. Jika anda berada di Bandung, Lokasi Wisata Ciater hanya berjarak 32 KM

Map Location:
Sebenarnya,  ada beberapa sumber mata air panas yang tersedia di sekitar lokasi yang bersumber dari mata air yang sama yang berasal dari Gunung Tangkuban Perahu,  akan tetapi karena pemandian air hangat Ciater dikelola dengan lebih baik termasuk dibangunnya berbagai fasilitas, sehingga Ciater lebih dipilih oleh para pengunjung karena faktor kenyamanan. Mata air  panas di Ciater ini mengalir ke sungai sepanjang 200 meter yang akan merubah suhu air menjadi dingin yang kemudian dimanfaatkan oleh penduduk untuk pengairan pertanian.

Menurut para petani,  Kandungan mineral yang tinggi dari air yang bersumber dari mata air panas Ciater menyebabkan hasil panen yang mereka dapatkan lebih baik ketimbang mempergunakan air biasa.

Untuk masuk ke Lokasi pemandian air hangat Ciater, anda akan dikenai Restribusi sebesar 10 rb per orang serta parkir 6-10rb per mobil. Selain itu, lokasi parkir yang sangat luas karena  mampu memuat 500 unit kendaraan roda 4 sekelas sedan dan 250 unit kendaraan besar,  misalnya bus maupun truk menjadikan pengunjung merasa nyaman sehingga tidak perlu takut tidak mendapatkan tempat parkir.

 Area pemandian air hangat di Ciater sendiri dibagi menjadi beberapa tempat.  Di area terbuka,  Anda tidak perlu lagi mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk.  Itulah sebabnya tempat ini begitu ramai sehingga mungkin menyebabkan beberapa orang tidak nyaman dan tidak bisa rileks.  Lalu,  ada kolam pemandian yang airnya mengandung belerang.  Harga tiket masuk per orang adalah Rp.  15.000-30.000.  Apa saja fasilitas yang bisa Anda dapatkan di sini?  Anda bisa mendapatkan ruangan yang lebih nyaman juga ruang bilas Areal ketiga adalah kelas VIP Jika Anda ingin privasi yang lebih,  Anda bisa memilih salah satu ruangan yang dibangun secara tertutup.  Biaya masuknya adalah Rp.  20.000.  Anda juga mendapatkan minuman ringan gratis,  sampo,  dan sabun.  Di sini,  juga disediakan air dingin untuk membilas tubuh yang sudah terendam dalam air belerang.

Suhu air panas  dari sumber yang ada di sini sebenarnya saat keluar dari mata airnya berkisar 44 derajat.  Tapi,  suhunya menurun begitu dialirkan sehingga hanya berkisar 40oC saja.  fasilitas lain yang Selain pemandian,  ada pula beberapa tunggang,  delman,  tersedia,  yaitu tempat bermain anak-anak,  kuda souvenir,  tempat golf,  dan kolam pancing.

Untuk akhir pekan,  ada atraksi tari tradisional khas Kabupaten Subang dan Panggung terbuka yang menampil kan hiburan untuk pengunjung.  Fasilitas lain yang bisa anda dapatkan disini adalah Hotel dan sebuah Spa Dekat Mata Air Panas Ciater dengan jumlah kamar sebanyak 100 dengan berbagai kelas yang dapat Anda pilih sendiri.  Hotel-hotel disini dirancang dengan bagian luarnya mengikuti arsitektur lokal,  dilapisi dinding bambu(bilik),  ijuk atau sirap. Setiap kamar dilengkapi kamar mandi air panas dan kolam renang khusus.  Untuk makanan tersedia di beberapa restorant yang buka 24 jam dan masih ada beberapa restoran yang buka pukul 08.00-23.00 WIB.

0 Response to "Pemandian Air Panas Ciater, Jawa Barat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel