Indonesia Pengeskspor Gas Alam Cair Terbesar Ke-dua Di Dunia

Sumber foto Doc. SKK Migas
Pesona Nusantara - Banyak fakta menarik yang dimiliki oleh negeri ini, akan tetapi sebagian besar dari kita tidak mengetahui atau malah tidak kepingin tahu sama sekali. Salah satunya adalah bahwa negeri ini adalah penyuplai terbesar kedua untuk gas alam cair bagi pasaran dunia setelah Qatar.

Maka kalau sampai ada kelangkaan gas bagi warga negeri ini berarti ada yang tidak beres sehingga pertanyaannya adalah " Apa yang salah?". Secara logika, jika kita menjual sesuatu keluar negeri pasti jika kebutuhan di dalam negeri sudah tercukupi. Dan tidak mungkin kita menjual ke pihak lain jika kita sendiri kekurangan. Bukankah begitu yang benar?

Dari data dan fakta yang berhasil dikumpulkan team redaksi Pesona Nusantara, Indonesia memiliki cadangan gas mencapai 98 Trilliun Kaki Persegi (Trillion Cu Ft) dan diperkirakan bahwa cadangan gas terbesar Indonesia berada di Blok Natuna yang mencapai 200 Trilliun Kubik Gas Alami). Selain di blok ini indonesia juga masih memiliki gas alami dibeberapa blok yang ada di berbagai penjuru tanah air.

Untuk pemanfaatan gas alam, Indonesia sebenarnya sudah memulainya sejak tahun 1960 dengan dibukanya ladang gas alam oleh PT Stanvac Indonesia yang berlokasi di Pendopo, Sumatra Selatan. Waktu itu, hasil eksplorasi gas dikirim ke pabrik pupuk Pusri IA di Palembang melalui pipa-pipa. Dan booming pemanfaatan gas alam dimulai sekitar tahun 1974 ketika gas alam mulai dialirkan lewat pipa dari ladang gas alam di Prabumulih, Sumatera Selatan ke pabrik pupuk Pusri II, Pusri III dan Pusri IV di Palembang.

Selain di Sumatra, di Jawa juga dibangun ladang gas lepas pantai laut jawa  pada tahun 1974 dan kawasan Cirebon yang kemudian dialirkan lewat pipa-pipa untuk  pabrik pupuk dan industri menengah dan berat di kawasan Jawa Barat dan Cilegon Banten Seperti Pabrik semen, Pupuk, Keramik, Baja dan pembangkit listri tenaga gas maupun Uap.

Jadi.......masihkah kita malu dan merasa sebagai negara kecil?



0 Response to "Indonesia Pengeskspor Gas Alam Cair Terbesar Ke-dua Di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel