Manusia Purba Pertama Ditemukan di Indonesia

Foto - Indocropcircles.wordpress.com
Pesona Nusantara - Tahukah anda bahwa kebudayaan yang paling tua dinemukan di Indonesia? hal tersebut dapat dilihat dari Penemuan fosil manusia purba tertua di Desa Trinil Ngawi, Jawa Timur-Indonesia pada tahun 1890 oleh Eugene Dubois di sekitar Lembah Bengawan Solo yang diberi nama Pithecanthropus Erectus.

Penemuan fosil manusia purba Pithecanthropus Erectus ini telah membuka mata dunia sehingga memicu rasa penasaran banyak ilmuwan untuk berbondong-bondong datang ke negeri ini. Selain E.Dubois seorang peneliti Selenka juga mulai melakukan penelitian yang kemudian menemukan fosil-fosil tumbuhan dan hewan purba lainnya di lembah sungai Bengawan Solo.

Selain penemuan itu, banyak penemuan lain yang terus ditemukan yang memperkuat bahwa dinegeri inilah kemungkinan awal dari kehidupan di muka bumi ini dimulai. Penemuan Manusia Purba lainnya adalah oleh peneliti G.H.R Von Koenigswald pada tahun 1936 di daerah Sangiran, Sragen Jawa Tengah, Indonesia. Yang kemudian dinamakan Meganthropus Paleojavanicus (manusia bertubuh besar dari pulau Jawa, Indonesia) yang diperkirakan hidup pada 1,8 - 2 juta tahun yang lalu

Tidak hanya itu, pada tahun 1889 ditemukan fosil Homo Wajakensis di Tulung Agung dan Homo Mojokertoensis di Mojokerto 1936 serta yang terbaru adalah pada tahun 2003 atas kerja sama Arkeolog Indonesia dan Australia yang melakukan penelitian di Flores menemukan fosil manusia kerdil dengan tinggi 1 meteran yang diberi nama Homo Floresiensis yang diperkirakan hidup dikisaran 12.000 tahun yang lalu.

Dengan penemuan penemuan yang disebut diatas menandakan bahwa warga negeri ini sudah memiliki kebudayaan yang saat bangsa-bangsa lain belum memilikinya dan mungkin belum ada. Jadikah masihkan kita beranggapan kita negara kecil?

0 Response to "Manusia Purba Pertama Ditemukan di Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel